Pages

Sunday, January 24, 2010

Mengedit Potongan-Potongan Gambar (Photoshop CS4)

Saya mendapat informasi ini dari buku "Kreasi Efek foto dengan ADOBE PHOTOSHOP CS4" karyanya mas Rachmad Saleh. Kalau mau tau lebih lanjut tentang cara-cara mengedit foto dengan Photoshop, beli saja bukunya, hehe (promosi)

klik untuk membeli barang




1. Pertama, buka file foto yang ingin Anda buat menjadi berberapa potongan foto. Caranya, pilih menu File>Open, kemudian pilih gambar yang Anda inginkan.

2. Setelah itu, gandakan layer tersebut dengan cara menekan Ctrl+J pada keyboard atau pilih menu Layer>Duplicate Layer, sehingga terdapat 2 layer di panel Layers.



3. Sekarang pilih layer Background (layer paling bawah), kemudian buat layer baru dengan cara pilih Layer>New>Layer, maka akan muncul kotak dialog, lalu beri nama sesuai keinginan Anda.Kini terdapat 3 layer dalam panel Layers, di mana posisi baru tersebut berada ditengah-tengah.

4.Masih pada posisi layer 2, sekarang tekan huruf D di keyboard untuk membuat warna foreground dan background menjadi hitam-putih. Selanjutnya tekan Alt+Back Space untuk memberikan warna hitam pada layer 2 tersebut.

5. Langkah selanjutnya, buat layer baru dengan cara yang sama seperti di atas, atau lebih mudahnya klik button Create a New Layer yang berada dibawa layer, maka akan terdapat layer tambahan (layer 3).


6. Sekarang pilih Rectangular Marquee .... pada toolbox, kemudian buat seleksi dan pilihlah seleksi pada area foto yang Anda inginkan.

7. Setelah membuat seleksi, lanjutkan dengan memberi warna hitam pada seleksi tersebut, atau Anda dapat menekan Alt+Back Space untuk membuat warna foreground hitam. Hasilnya, seleksi pada panel layer tersebut telah berubah menjadi warna hitam.

8. Masih dalam keadaan terseleksi, sekarang kita beralih ke layer paling atas (Layer 1) untuk membuat Clipping Mask. Pilih layer 1 kemudian pilih Layer>Create Clipping Mask, atau dapat menekan Alt+Ctrl+g, sehingga semua gambar (kecuali area yang diseleksi tersebut). Perhatikan pada panel layer, bahwa pada layer 1 terdapat anak panah kecil ke arah bawah yang menunjukkan adanya mask pada layer tersebut.

(clipping Mask)
9. Sekarang, pilih layer 2 (layer yang berwarna hitam). Lanjutkan dengan membuat layer baru dengan cara memilih Layer>New>Layer, lalu beri nama sesuai keinginan Anda (kalau saya sih memberi nama layer 4)

10. Masih pada posisi layer 4, gunakan rectangular Marquee untuk membuat seleksi yang lebih besar dari seleksi gambar foto yang pertama, kemudian tekan Ctrl+Back Space untuk memberikan warna putih pada seleksi tersebut dan hilangkan seleksi dengan cara menekan Ctrl+D, atau Anda dapat memilih Select>Deselect.


11. Masih pada posisi layer tersebut (layer 4), lanjutkan dengan memberikan efek Drop Shadow pada layer tersebut. Caranya klik button Add layer style yang ada di bawah panel layer, kemudian pilih Drop Shadow, maka akan muncul kotak dialog Layer Style. Atur nilai pada kolom-kolom yang disediakan untuk Blend Mode: Multiply, Opacity: 30%, Angle: 120, Distance: 5px, Spread: 0%, dan Size: 5 Px, lalu klik OK seperti berikut ini:


12. Sekarang kita pilih layer 3 dan layer 4 (untuk dapat memilih lebih dari 1 layer tekan Shift). Setelah kedua layer terpilih, lanjutkan dengan memilih Edit>Free Transform, Kemudian Anda dapat mengatur kemiringan foto sesuai keinginan Anda, kemudian tekan Enter.


13. Langkah selanjutnya, pilih 3 layer sekaligus, yaitu layer 1, layer3, dan layer4. setelah ketiga layer tersebut terpilih, lanjutkan dengan memilih Layer>Group Layer atau dapat menekan Ctrl+G untuk membuat group Layer, maka akan muncul folder Group pada layer yang berisi 3 layer tersebut.

14. Dalam folder Group 1 tersebut, Anda dapat melihat layer yang ada di dalamnya dengan cara menekan tanda anak panah kecil.

15. Langkah selanjutnya, pilih layer Group 1 (yang tersorot biru), kemudian gandakan layer group tersebut dengan cara pilih Layer>Duplicate Group, sehingga akan muncul kotak dialog Duplicate Group, lalu beri nama sesuai keinginan Anda, dan lihat pada panel layer terdapat penambahan layer group.

16. Kemudian lanjutkan dengan memilih layer yang berada pada layer Group 1 copy tersebut (yaitu layer 3 dan layer 4), dan lanjutkan dengan memilih Edit>Free transform. Anda dapat memutar atau memperbesar bingkai tersebut sesuai keinginan Anda (jangan lupa menggunakan Free transform ).


17. Anda dapat memindah-mindah letak bingkai tersebut sesuka Anda karena mempunyai konsep mask yang hanya berfungsi menutupi. Atur peletakannya agar terlihat menarik (lihat contoh di bawah ini.

18. Langkah selanjutnya adalah membuat duplikat layer group lagi, seperti pada langkah ke-15, kemudian pilih layer 3 dan 4. Lanjutkan dengan mengubah ukurannya dengan menggunakan Free Transform dan atur sesuai keinginan Anda supaya terlihat menarik.

19. Langkah terakhir, Anda dapat menggandakan layer group sesuai kebutuhan anda, sehingga foto terlihat menarik :) . dan Hasil Akhirnya seperti ini ...

Selamat Mencoba :)

1 comment:

  1. Om itu langkah yg ke 12 kok gk bisa, memilih 2 layer sekaligus, udh gw coba tekan shift tapi gk bisa gmana ya ?

    ReplyDelete

Geo Visitors Map